Sabtu, 02 November 2013

Bisnis dan Uang Pertamaku







hay sobat,gimana nih kabarnya? Semoga baik-baik selalu dong. Oh ya, sebelum itu saya ucapkan selamat datang di blog saya semoga bisa bermanfa’at dan bisa menjadi motivasi bagi sobat semua.Perkenalakan nama saya Ilmi lebih lengkapnya Baetul Ilmi. Sekolah saya di Smk N 2 Adiwerna Jurusan Multimedia.Disini saya akan menceritakan tentang peluang bisnisku yaitu mug dan pin.Pastinya sahabat semua tahu dong apa itu mug dan apa itu pin.
           
Sebenarnya sihpeluang bisnis di multimedia itu sangat banyak lho, selain mug dan pin ada juga cetak foto, stiker, sablon dan pastinya masih banyak lagi dong. Peluang bisnis itu banyak asal ada kemauan pasti disitu ada jalan asal kita mau berusaha. Jadi seorang wirausaha juga banyak keutunganya lho, selain kita mendapatkan keuntungan modal kita juga mendapatkan banyak pengalaman.

II. Inspirasi atau Ide
            Saya mengambil peluang bisnis mug dan pin terinspirasi dari kebutuhan pasar.Karna kebutuhan pasar sekarang semakin meningkat oleh daya tarik konsumen. Dengan begitu saya menjadikan kebutuhan pasar itu menjadi peluang bisnis saya.Selain kebutuhan pasar alasan yang melatar belakangi peluang bisnis mug dan pin ialah dari segi modal yang cukup murah, juga dari peralatan yang mendukung sehingga saya tak perlu banyak mengeluarkan banyak uang.
            Dalam masyarakt luas banyak yang sudah mengenal fungsi dari mug dan pin itu sendiri.Selain digunakan untuk hiasan banyak juga lho yang digunakan sebagai kadodan sebagainya. Apalagi dalam suatu kelompok banyak juga yang menggunakan pin gantungan sebagai identitas kelompok mereka.Selain untuk mengetahui identitas kelompok mereka juga untuk mengenalkan kelompok mereka dalam masyarakat luas.

III. Desain dan Proses Produksi
            Dalam pembuatan suatu produk kita perlu membuat desain dulu sebelum kita mencetak.Hal-hal yang pertama yang perlu kita persiapkan dalam pembuatan mug dan pin ialah kita menyiapkan bahan-bahan apa saja yang akan diproduksi.Umumnya bahan-bahan yang saya jadikan sebagai desainadalah foto. Untuk pembuatan desain mug saya menggunakan software Adobe Photoshop Cs3 sedankan untuk pin saya menggunakan software Coerel Draw X5.Untuk pembuatan desain mug saya menggunakan ukuran 20X8 cm sedangkan pin menggunakan daimeter 5.5 cm.Kemudian buat desain dengan editan yang menarik dan memiliki kesan yang bagus.
            Setelah proses mendesai selesai,siapkan printer dan kertas inkjet untuk pengeprinan.Siapkan mug dan bahan pin seperti kerangka, plastik lapisan dan sebagainya.Untuk proses selanjutnya rapikan desain dan tempelkan desain ke mug kemudia lem bagian samping mug agar dalam proses pengepresan tidak lepas dan menempel pada mug.Tahap akhir pembuatan mug dan ialah pengepresan yaitu proses penempelan desain.








IV. Proses Pemasaran
            Dalam proses pemasaran saya media langsung dan media tidak langsung. Tetapi kebanyakan saya menggunakan media tak langsung seperti lewat sms dan facebook.Awalnya saya menawarkan kekeluarga dan teman dekat secara langsung sehinga mulai ada pelangan.Seiring itu saya menawarkan kepada teman lewat sms hasilnya ada yang nihil dan juga banyak yang pesan.Karna takut hasilnya nihil saya membuat sample terus difoto dan dikirim lewat MMS untuk proses penjualan dan ternyata banyak peminatnya.Ada juga pemasaran yang melalui teman keteman.  

V. Dokumentasi dan Testimoni
            Pembuatan suatu produk pasti selalu mengalami kesalahan,kekurangan dan keliruan yang menimbulkan ketidakpuasan pada pelanggan. Ketidakpuasan tersebut dapat kita jadikan sebagai motivasi dan kekuatan dalam berwirausaha.Setiap wirausaha pasti mendapatkan kesan dan pesan dari konsumen tentang produk yang diciptakan. Pesan dan kesan yang saya dapat dari pelanggan antaralain:Pesan Pelanggan,Lebih dicerahkan lagi warnanya, Di perjelas lagi tulisanya, Dalam memilih mug harus teliti.Kesan Pelanggan Desainya bagus,Warnanya serasi dengan mugnya,Hasilnya menarik

VI. Biaya Produksi dan keuntungan
            Pasti teman-teman penasaran berapa banyak modal yang harus kita keluarkan sih dan berapa besar untungnya.Eits modalnya sedikit lho dibandingkan untungnya. Sehingga kita bisa mengembalikan modal dengan cepat.Ngomong-ngomong berapa sih untungnya dan modalnya, ini dia. 
Modal Pembuatan mug : Rp.10.500 /buah
            Keuntungan      : Rp.9500 /buah
Keuntungan Total : 15 x Rp.9500 = Rp.142.500

            Nah, kalo untuk modal pembuatan pin itu sangat cukup murah sekali, ya walaupun untungnya tidak seberapa dibandingkan dengan mug. Tapi yang penting bisa buat nambah uang saku.Ya enggak sobat.
            Modal Pembuatan Pin : Rp.2000/buah
            Keuntungan                : Rp.3000/buah

Keuntungan total : Rp.3000 x 4   = Rp.12000
Modal Total         : Rp. 2000 x 3 = Rp.6000
                                                                                            

VII. Pesan dan Kesan Pribadi
            Setelah saya melakukan bisnis berwirausaha saya mendapatkan banyak pengalaman yang belum pernah saya jumpai. Dan saya sadar dalam berusaha itu perlu ada komitmen tinggi,kerja keras, Ulet dan sabar. Pesan saya ialah Dalam memulai suatu usaha kita perlu terlebih dahulu memperkirakan modal,Dapat memisahkan hasil keuntungan dengan moodal pribadi,Tidak ada keterlambatan bahan baku,Pembayaran konsumen yang lambat.Kesan saya : Dapat meningkatkan kreativitas siswa, Melatih siswa untuk menjadi seorang wirausaha yang mandiri, Dapat menghadapi masalah dengan sikaplebih dewasa, Mampu melakukan persaingan sehat.
Motivasi
           Apa sih Multimedia itu? Pasti dalam benak sobat semua sudah tidak asing, karna dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata multimedia. disini saya akan singgung sedikit tentang multimedia. Sebenarnya dalam multimedia itu tentang apa aja sih? Dalam multimedia menyangkut berbagai macam prodi. Selain diajarkan dalam hal mendesain multimedia juga terdiri dari Editing video,Photografer,Animasidan masih banyak lagi. Untuk itu saya memotivasi sobat semua untuk berlomba-lomba dalam berwirausaha. Karna dengan berwirausaha kita dapat menciptakan peluang bisnis. Makanya bingung berwirausaha? Masuk multimedia aja peluang bisnisnya banyak lho. Apa bingung sekolahnya? SMK N 2 Adiwerna aja ada multimedianya lho,Apalagi peralatanya lengkap bangett deh dijamin pasti puass.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar